Wednesday 19 November 2014

John Petrucci Biography

  John Petrucci, lahir di KINGS Park, Long Island, New York, 12 Juli 1967; umur 47 tahun, adalah gitaris Amerika yang dikenal sebagai anggota pembentuk grup progresif METAL Dream Theater. Dia juga seorang produser (bersama teman satu bandnya Mike Portnoy) dari semua ALBUM Dream THEATER sejak rilis album Scenes From A Memory, pada tahun 1999.

Petrucci besar di Long Island, tepatnya Kings park dimana Petrucci bersama John Myung, dan Kevin Moore, sekolah di tempat yang sama. Petrucci bermain gitar pertama kali pada saat berumur 8 tahun. Dan mulai bermain dengan sebuah band pada umur 12 tahun. Band dan gitaris yang memengaruhi permainan gitarnya adalah Yngwie Malmsteen, Randy Rhoads, Iron Maiden, Stevie Ray Vaughn, Yes, Rush. Karena saat itu sedang berkembang musik metal dan trash, Petrucci menambahkan pengaruhnya pada musik Metallica dan Queensryche.[1][2]

Akhirnya, teman masa kecilnya dan akan menjadi teman di Dream Theater, keyboardist Kevin Moore mengajak John untuk bergabung dengan BAND cover-nya. John bersekolah di Berklee College of Music di Boston dengan teman masa kecilnya John Myung (bass), di mana mereka bertemu dengan Mike Portnoy (drum). Sementara di Berklee mereka sering membahas dua pengaruh terbesar mereka, Iron Maiden dan Rush. Ketiganya, di samping Kevin Moore, kemudian membentuk BANDMajesty. Karena sudah ada band lain dengan nama yang sama, kelompok ini kemudian menjadi Dream Theater. Sementara Petrucci yang paling sering dikaitkan dengan DREAM THEATER, dia juga mempunyai band sampingan bersama Portnoy, Liquid Tension Experiment, dan telah muncul sebagai artis tamu pada album Age of Impact di Explorers Club.

Petrucci telah merilis sebuah gitar instruksional video, Rock Discipline, yang meliputi latihan pemanasan, latihan untuk menghindari cedera saat bermain, memilih alternatif, sweep picking, chords dan teknik lainnya untuk mengembangkan seseorang bermain gitar. Petrucci juga merilis sebuah buku berjudul "GUITAR World presents John Petrucci's Wild Stringdom", yang disusun dari kolom yang ditulisnya untuk majalah Guitar World dengan judul itu.

Pada tahun 2001, Joe Satriani dan Steve Vai mengundang Petrucci untuk tur dengan mereka pada tur G3, yang mengenalkan dia kepada sejumlah penggemar baru yang menginspirasinya untuk membuat album solo. Album Suspended Animation, dirilis pada tanggal 1 Maret 2005. Petrucci juga muncul di tur G3 tahun 2005 dan 2006, dan pada tahun 2007, melanjutkan tur G3 lagi, kali ini dengan Paul Gilbert dan Joe Satriani.

Petrucci juga menulis dan merekam dua lagu soundtrack untuk permainan Sega Saturn yang berjudul Digital Pinball: Necronomicon. Setiap lagu berdurasi kira-kira dua menit, dan hanya diberi judul "Prolog dan Epilog". Dalam sebuah band parodi, Nightmare Cinema (yang terdiri dari anggota Dream Theater yang mengubah instrumen untuk manggung), ia menggunakan "nama panggung alternatif" Johnny James.

Pada tahun 2012, Petrucci diundang sekali lagi untuk bergabung Joe Satriani dalam tur G3 dengan Steve Morse. Drummer Dream Theater Mike Mangini, dan mantan pemain bass-nya G3 Dave LaRue menemaninya di tour.

Teknik

Petrucci telah diakui dalam ketrampilan dan kepiawaiannya bermain gitar. Salah satu yang paling terkenal di antaranya adalah pilihannya dalam memilih kecepatan yang tinggi, yang seperti ia klaim sendiri, membutuhkan "rasa sinkronisasi yang kuat antara dua tangan [dalam bermain]." John sering menggunakan gitar listrik tujuh-string, yang katanya digunakan sebagai alat menulis lagu, dengan mengambil beberapa keuntungan karena mempunyai nada yang lebih tinggi untuk "riffing" yang berat dan bermain berbagai solo gitar. Selain itu, Petrucci sering menggabungkan teknik "shredding METAL" dengan lebih lambat, gaya bermain solo emotif. Pengaruhnya sebagai gitaris termasuk Steve Morse, Al Di Meola, Steve Howe, Allan Holdsworth, Stevie Ray Vaughan, Randy Rhoads, Joe Satriani, Steve Vai, Alex Lifeson, Yngwie Malmsteen dan David Gilmour.[2][3]

Petrucci adalah satu-satunya anggota band Dream Theater yang telah memberikan kontribusi lirik di setiap album. Ia telah menulis lirik untuk setidaknya tiga lagu dalam setiap album. Antara lain, Metropolis, Pt. 1: The Miracle dan Sleeper, The Spirits Carries On, The Great Debate, In the Presence of Enemies, dan Through Her Eyes. Petrucci juga menggunakan pengalaman kehidupan nyata sebagai inspirasi liriknya, seperti dapat didengar dalam lagu-lagu The Count of Tuscany, A Nightmare to Remember, "Wither" dan ENDLESSSacrifice.

Backing Vokal

Petrucci telah bertindak sebagai backing vocal sejak Tour Awake. Dia mempunyai suara bariton, menghasilkan suara yang lebih gelap dibandingkan dengan suara tenor James Labrie. Dia juga memiliki peran dalam menulis melodi vokal untuk Dream Theater, seperti yang ditunjukkan pada versi demo dari "Wither" dan "The Spirits Carries On", di mana ia melakukan vokal.

Dalam pertunjukan live sebelum Mike Portnoy keluar, ia hanya menyanyikan bagian kecil dari backing vokal atau harmoni, dengan Mike melakukan sebagian besar backing vokal. Setelah kepergian Mike Portnoy, Petrucci telah mengambil peran bernyanyi di lagu-lagu seperti "The Dark Eternal Night" dan "War Inside My Head", dengan vokal dukungan lainnya berada di backing track.


Album List

  • When Dream and Day Unite (1989)
  • Images and Words (1992)
  • Awake (1994)
  • Falling into Infinity (1997)
  • Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory (1999)
  • Six Degrees of Inner Turbulence (2002)
  • Train of Thought (2003)
  • Octavarium (2005)
  • Systematic Chaos (2007)
  • Black Clouds & Silver Linings (2009)
  • A Dramatic Turn of Events (2011)
  • Dream Theater (2013)

0 comments:

Post a Comment